Prakata

Assamu’alaikum Wr. Wb.

Di era pasar bebas seperti sekarang ini, kita memang harus terpacu untuk terus menerus meningkatkan kualitas produksi, agar produk-produk yang dihasilkan mampu bersaing di pasar local maupun internasional. Dalam konteks ini prasyarat yang mesti terpenuhi, selain peningkatan kemampuan dalam berproduksi, yang tak kalah pentingnya adalah peningkatan struktur permodalan.

Oleh karenanya Pemerintah Kota Tegal selain memberikan pembinaan kepada industri kecil & menengah secara kontinyu, bantuan permodalan juga terus menerus melakukan upaya promosi investasi kepada para investor, baik dalam maupun luar daerah. Karena diharapkan masuknya investasi ke perusahaan-perusahaan kecil & menengah mampu meningkatkan produksi dari segi kualitas maupun kuantitas.

Investasi merupakan sesuatu yang terus menerus ditumbuh kembangkan oleh daerah di dalam pelaksanaan pembangunan. Karena pembangunan tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah semata, akan tetapi dibutuhkan pula peran serta segenap elemen masyarakat termasuk pihak swasta atau investor.

Dalam kurun waktu sepuluh tahun terakhir Kota Tegal secara terus menerus melakukan langkah-langkah penggalakan investasi, sehingga iklim maraknya pusat-pusat perbelanjaan seperti supermarket dan Mall, adalah bentuk investasi yang berdampak pada pertumbuhan ekonomi Kota Tegal. Di sector jasa perbankan, menjamurnya bank-bank umum yang kesemuanya berjumlah 12 bank, juga sebagai hasil dari langkah-langkah yang ditempuh oleh Pemerintah Kota Tegal.

Sector lain yang juga menjadi andalan Kota Tegal adalah sector industri dan maritime. Pelabuhan Perikanan Pantai yang berstandar Internasional merupakan sesuatu yang sangat potensial dalam mendukung jalannya roda perekonomian. Sector-sektor ini pun berpeluang untuk dijadikan sebagai lahan investasi.

Akhirnya kami berharap semoga acuan (disadur dari booklet DISPERINDAGKOP & UKM) ini dapat memberikan pemahaman tentang kondisi umum Kota Tegal.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Tegal, April 2008

WALIKOTA TEGAL Ttd.

ADI WINARSO, S.Sos.

Posted on 21.49 by infomas php and filed under | 0 Comments »

0 komentar: