Profile Produk Industri Unggulan Kota Tegal

Dalam dunia usaha nasional, aktifitas usaha industri kecil mempunyai cakupan hasil produk sangat luas dan merupakan bagian integral dari pembangunan sektor industri karena mempunyai misi dan peran strategis dalam menciptakan pemerataan kesempatan berusaha dan kesempatan kerja, modernisasi masyarakat perdesaan, memperkuat struktur industri, peningkatan ekspor nasional serta pelestarian seni dan budaya.


Aktifitas usaha industri kecil tumbuh dan berkembang diseluruh pelosok nusantara digerakkan oleh masyarakat baik sebagai usaha pokok maupun sebagai usaha sambilan dan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat pula.


Kota Tegal terletak pada koordinat 10908’ - 10910’ BT dan 0650’ - 0653’ LS di pesisir utara sebelah barat Provinsi Jawa Tengah, Luas daerah 39,68 km2 terbagi menjadi 4 Kecamatan dan 27 kelurahan.


Kultur budaya masyarakat agamis yang kental dengan jiwa kewirausahaan, kreatif dan inovatif, telah menyemarakan Kota Tegal dengan berbagai macam jenis aktifitas usaha ekonomis produktif di berbagai sektor terutama di sektor industri, perdagangan dan kelautan. Dengan demikian Kota Tegal selain dikenal sebagai
Kota Bahari dikenal pula sebagai Kota Idaman (industri, perdagangan dan kemaritiman ).


Pengusaha atau pengrajin industri Kota Tegal membuat berbagai macam jenis produk berkualitas yang mampu bersaing dengan produk industri lain daerah maupun produk impor. Produk tersebut dipasarkan dan didistribusikan ke berbagai wilayah nusantara untuk memenuhi kebutuhan regional maupun nasional, bahkan beberapa jenis produk industri Kota Tegal mampu menembus pasar ekspor di berbagai negara di daratan benua Afrika, Asia dan Eropa.


Produk industri unggulan Kota Tegal yang prospektif dan potensial mencakup produk industri logam, pengolahan pangan, kimia dan bahan bangunan, sandang kulit serta aneka industri.
Posted on 22.41 by infomas php and filed under | 1 Comments »